MANFAAT DAN KHASIAT BUAH JAMBLANG.

Buah Jamblang Memiliki banyak kandungan nutrisi dan senyawa kimia membuat buah jamblang juga memiliki khasiat kesehatan yang cukup banyak, beberapa khasiat tersebut diantaranya sebagai berikut:

  • Buah jamblang duwet ampuh kendalikan Diabetes 
Manfaat Buah Jamblang digunakan sebagai bahan alami obat diabetes yang bisa membantu mencegah maupun mengobati para penderita diabetes.
Buah Jamblang memiliki kandungan gizi seperti Senyawa-senyawa  jambosin, alkaloid dan juga glikosida jambolin yang bermanfaat membantu memecah gula menjadi energi sehingga kadar gula di dalam darah menjadi  lebih stabil sehingga dapat mencegah diabetes
  • Jamblang Mencegah penyakit  kanker

Manfaat buah Jamblang selanjutnya adalah mencegah penyakit kanker. Tingginya kadar anti oksidan yang ada dalam buah jamblang membuat buah ini bermanfaat menjadi salah satu herbal anti kanker

Buah Jamblang yang kaya anti oksidan ini akan bekerja mengikat sel radikal bebas yang merupakan pemicu tumbuhnya sel kanker 
Anti oksidan yang ada dalam buah jamblang antara lain adalah polifenol dan antosianin.
  • jamblang Bermanfaat untuk jantung sehat

Manfaat buah Jamblang ke tiga adalah untuk kesehatan jantung. Kandungan kalium yang tinggi di dalam buah jamblang membuat buah ini sangat baik dikonsumsi orang-orang yang menginginkan jantung yang sehat.

Buah Jamblang mengandung nutrisi 55 miligram pada setiap 100 gram buah jamblang . Selain dapat membantu menjaga kesehatan jantung, kalium juga akan sangat membantu untuk mencegah terjadinya penyakit stroke dan tekanan darah tinggi.
juwet putih, buah jamblang putih 
  • buah jamblang atau duwet mengatasi sembelit 

Manfaat buah jamblang keempat adalah mengatasi sembelit. Ekstrak buah jamblang atau duwet yang dicampur dengan kulitnya ternyata  berkhasiat untuk mengatasi sembelit. Buah duwet mengandung serat sekitar 0,9 gram/100 gram yang membantu sistem kerja usus.

  • Jamblang Bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh

Manfaat buah jamblang kelima adalah meningkatkaan kekebalan tubuh .Buah jamblang memiliki berbagai kandungan nutrisi dan vitamin yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh.
Beberapa nutrisi pada buah jam lang adalah seperti garam, gula, kalsium, protein, mineral dan vitamin C.

  • Jamblang Mencerahkan Kulit 

Manfaat buah jamblang keenam adalah untuk kecantikan kulit .Buah jamblang kaya dengan senyawa antioksidan dan vitamin C yang akan dapat membantu pembentukan kolagen di dalam kulit.
Sehingga mengkonsumsi buah jamblang akan membantu mencerahkan Kulit dan membuat kulit tampak awet muda.

  • Jamblang  Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Manfaat buah jamblang ketujuh adalah menguatkan tulang dan gigi. Buah jamblang segar mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Beberapa nutrisi tersebut adalah 16 mg kalsium, 36 mg magnesium, 16,7 mg pospor, dan 1,7 mg zat besi. Kalsium, magnesium, pospor dan zat besi adalah nutrisi yang bisa menjaga sistem kepadatan tulang dan mencegah gigi berlubang. orang yang  kekurangan kalsium mudah terkena resiko penyakit tulang seperti radang sendi dan osteoporosis saat lanjut usia. Bagi wanita sangat anjurkan  untuk konsumsi buah duwet agar terhindar dari resiko penyakit kerapuhan tulang.

  • Jamblang untuk Pembentukan Sel Darah Merah
Manfaat buah jamblang kedelapan adalah untuk pembentukan sel darah merah  sel darah merah dalam tubuh memiliki pengaruh yang sangat besar. Kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan anemia, gangguan emosi, pola konsentrasi yang rendah dan tubuh yang lebih lemah. Konsumsi buah duwet 100 gram sehari bisa mencukupi kebutuhan tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Hal ini disebabkan karena buah duwet mengandung zat besi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh 

Khasiat Buah Jamblang lainnya


  • Jamblang atau Duwet Menjaga Kesehatan Mata

Khasiat buah jamblang kesembilan adalah menjaga kesehatan mata .dalam setiap 100 gram buah duwet ternyata ditemukan sekitar 81 IU vitamin A. Vitamin A terbukti sangat baik dalam mendukung kesehatan mata, meringankan resiko penyakit rabun dan mengurangi resiko kebutaan karena katarak.Mata rabun bisa membuat aktivitas kita menjadi sangat terganggu. Namun jika Anda ingin memakai pengobatan alami maka cukup konsumsi buah duwet secara rutin setiap hari. Meskipun Anda hanya dapat menemukan buah duwet saat musimnya.
gambar daun pohon jamblang 
  • Jamblang Mengatasi Sakit Perut 

Khasiat jamblang ke sepuluh adalah mengobati sakit perut.
Buah jamblang atau  duwet yang masih segar mengandung senyawa antosianin, kaemferol dan asam elagik yang ternyata sangat berkhasiat untuk membantu sirkulasi pencernaan, fungsi usus dan membantu menurunkan masalah tekanan darah tinggi. Anda bisa mengkonsumsi buah duwet yang masih segar. Tapi ingat sebelumnya untuk mencuci hingga bersih sehingga buah jamblang atau duwet terbebas dari bakteri atau kuman.

  • Duwet Membantu Pengobatan Gangguan Limpa

Khasiat Buah jamblang kesebelas adalah untuk gangguan limpa Penyakit pembesaran limpa dapat terjadi karena ada sistem tubuh yang mengatur hormon untuk fungsi limpa tidak bekerja dengan benar. Penyakit ini biasanya disertai dengan beberapa gejala seperti rasa sakit pada bagian ulu hati, rasa tidak nyaman pada perut, berkurangnya nafsu makan dan berat badan yang menurun drastis. Pengobatan memakai campuran jus buah duwet segar dan madu untuk mengatasi gangguan limpa ternyata telah dimulai dari China dan India. Kandungan penghilang rasa sakit dan menetralkan hormone ternyata sangat ampuh. Anda bisa mencampur 50 gram buah duwet yang sudah dipisahkan dari biji dan haluskan bersama 3 sendok madu.

  • Jamblang  Mengobati Sakit Batuk

Khasiat Buah jamblang keduabelas adalah Mengobati penyakit batuk menahun yang sulit untuk sembuh bisa memakai buah duwet segar. Buah jamblang atau duwet yang masih segar mengandung vitamin C dan senyawa antioksidan yang dapat melawan bakteri atau infeksi kuman penyebab batuk parah. 

  • Jamblang Mengatasi Sakit Kepala

Khasiat jamblang ke tigabelas adalah untuk sakit kepala .Kandungan zat astringen yang ditemukan buah duwet meringankan sakit kepala dengan berbagai tingkat keparahan.  Dalam sebuah jurnal Tradition Medicine edisi 101 vol 2, terungkap bahwa pengobatan sakit kepala dengan memakai buah jamblang/duwet terbukti sangat efektif. Kandungan zat astringen yang ditemukan buah duwet meringankan sakit kepala dengan berbagai tingkat keparahan. Selain itu buah duwet segar juga memberikan efek segar sehingga penderita sakit kepala merasa lebih nyaman. Disarankan untuk mengkonsumsi buah duwet segar sebagai camilan bagi penderita sakit kepala.

  • Jamblang meningkatkan Nafsu Makan

Khasiat jamblang keempatbelas adalah menambah nafsu makan Masalah gangguan nafsu makan bisa dialami oleh siapa saja, baik orang tua maupun anak-anak. Penyebabnya pun sangat bervariasi mulai dari gangguan pencernaan, sakit perut, sembelit, dan penyakit lain. Namun konsumsi buah jamblang duwet yang masih segar ternyata sangat baik untuk memperbaiki sistem pencernaan sehingga bisa meningkatkan nafus makan. Anda bisa mengkonsumsi buah duwet segar sebanyak 50 gram dicampur dengan air gula atau madu. Setelah itu perut Anda akan terasa nyaman dan nafsu makan akan meningkat.
bunga pohon jamblang 

  • Memerangi bakteri jahat penyebab penyakit

Manfaat Buah jamblang kelimabelas adalah sebagai anti bakteri.
Buah jamblang juga terbukti mampu membunuh berbagai bakteri saat terjadi diare, terjadinya infeksi mulut, infeksi kulit dan sebagainya.
Buah ini memiliki senyawa anti bakteri yang cukup efektif membunuh bakteri di dalam tubuh.
Karena banyaknya kandungan nutrisi di dalam jamblang, maka tanaman ini juga memiliki khasiat tambahan seperti mengatasi masalah pencernaan, asma, masalah tenggorokan, masalah gigi dan gusi, menghancurkan kolesterol jahat, mengatasi batuk, menyembuhkan nyeri lambung dan berbagai tambahan khasiat lainnya.


Kandungan gizi Buah jamblang 


Buah jamblang mengandung Senyawa jambosin, alkaloid dan juga glikosida jambolin atau antimelin  yang bermanfaat menghambat konversi diastatik pati menjadi gula.
Itu sebabnya buah jamblang menjadi salah satu herbal alami bagi penderita penyakit diabetes.

Buah jamblang mengandung Senyawa flavonoid dan antioksidan . Senyawa ini berguna untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker.
bibit pohon tanaman jamblang 
Sehingga disarankan menggunakan jamblang sebagai herbal alami anti kanker. Selain itu Buah jamblang juga mampu melindungi enzim anti oksidan.

Kandungan gizi Buah jamblang lainnya yaitu seperti garam, gula, kalsium, protein, mineral dan vitamin C. Berbagai nutrisi ini menunjukkan bahwa buah jamblang juga memberikan khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Buah jamblang mengandung Senyawa minyak atsiri, resin berwarna merah tua yang kaya dengan kandungan asam elagat, asam organic, tannin dan juga triterpenoid.

Buah jamblang mengandung zat pewarna alami antosianin pada kulit buahnya yang berwarna ungu. Sehingga buah jamblang cocok dijadikan sebagai sumber pewarna alami 

Ciri-Ciri Tanaman Pohon Jamblang

pohon tanaman jamblang 
Pohon Jamblang dapat tumbuh dengan baik di daerah dataran rendah sampai ketinggian 500 m dpl. Tinggi pohon jamblang  bisa mencapai 10 – 20 meter. Pohon jamblang memiliki ciri berbatang tebal, tumbuh membengkok, dan bercabang banyak. Bagian daunnya berwarna hijau, tebal, lebar, dan memiliki pertulangan menyirip. 

Bagian bunga jamblang tumbuh di ketiak daun dan di ujung percabangan. Kelopaknya berwarna hijau muda dan berbentuk lonceng. Mahkota bunganya berbentuk bulat telur, serta memiliki benang sari berwarna putih yang berbau harum. 

Bagian buah jamblang berbentuk lonjong dan berukuran sekitar 2-3 cm. Buahnya berwarna hijau ketika masih muda, dan berwarna ungu kehitaman ketika telah matang. Daging buah berwarna putih. Buah jamblang memiliki rasa manis, masam, dan sepat. Buah jamblang juga memiliki biji berwarna putih berbentuk seperti kapsul. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

20 MANFAAT BROKOLI SI SUPER FOOD UNTUK KESEHATAN🏵🏵🏵

CARA MENGATASI PENYAKIT MAAG❤❤❤