13 MAKANAN YANG TIDAK DI ANJURKAN SAAT MENSTRUASI.

Menstruasi merupakan hal yang lazim terjadi pada wanita yang sudah memasuki masa pubertas. Setiap wanita pasti mengalami hal yang satu ini, bukan? Setiap bulan menstruasi ini bertamu pada wanita. Menstruasi ini terjadi karena adanya hormone progesterone yang ada pada tubuh wanita.

Makanan yang dilarang saat menstruasi


Pada saat menstruasi , biasanya wanita akan mengalami beberapa perubahan baik dari segi fisik maupun psikis. Jadi tak heran bila saat wanita menstruasi sifat mereka berubah atau biasanya disebut dengan PMS. Selain itu, saat wanita menstruasi mereka memiliki kecenderungan yang tinggi untuk mengonsumsi makanan. Hal ini disebabkan adanya perubahan siklus pada hormone reproduksi wanita yaitu hormone estrogen dan progesterone. Asupan makanan yang dikonsumsi juga dapat mempengaruhi kesehatan wanita itu sendiri ketika memasuki masa menstruasi. 

Untuk itu, perhatikanlah asupan makanan yang dikonsumsi agar kesehatan kita tetap terjaga. Biasanya saat mengalami menstruasi, ada hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan seperti wanita muslim saat menstruasi mereka tidak boleh mengerjakan shalat karena belum suci. Nanti setelah menstruasinya selesai dan bersuci, maka merekapun diwajibkan untuk mengerjakan shalat. Begitu halnya dengan masalah shalat,  hal asupan makanan saat mengalami menstruasi juga juga harus diperhatikan. Karena ada yang dilarang dan juga dianjurkan untuk dikonsumsi pada saat menstrusi. Karena kalau salah mengosumsi asupan makanan bisa berakibat dengan kesehatan tubuh itu sendiri. Baca juga makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ketika menstruasi.

Nah, anda tidak inginkan mengalami permasalahan pada tubuh saat menstruasi. Dikarenakan salah mengonsumsi makanan atau minuman. Kali ini ziesehat akan berikan informasi tentang makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi saat menstruasi. Simak baik-baik ya….

1. Makanan dan minuman berkafein
 
Hindari makanan dan minuman berkafein saat menstruasi


    Seperti yang telah anda telah ketahui bahwa makanan dan minuman yang mengandung kafein itu seperti teh,kopi dan juga cokelat. Saat menstruasi, anda tidak boleh mengkonsumsi makanan atau minuman yang satu ini secara berlebihan. Karena dapat menyebabkan penyepitan pada pembuluh darah yang dapat berakibat dengan terjadinya dehidrasi pada tubuh. Maka bila hal tersebut terjadi, maka akan menyebabkan sakit kepala dan perasaan yang biung. Biasanya hal ini terjadi dengan ditandai adanya perasaan nyeri disekitar perut bagian bawah, nyeri dibagian leher hingga berujung ke sakit kepala, sering merasa haus, dan juga adanya perasaan gugup, gelisah hingga menyebabkan kebingungan dan sering lupa. Meskipun teh juga mengandung kafein, tetapi tidak berpengaruh terhadap kesehatan tubuh terutama saat menstruasi. Karena teh hanya mengandung sedkit kafein, berbeda dengan jenis kopi dan juga cokelat yang mengandung banyak kafein. Untuk itu, hindarilah mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein dengan berlebihan.

2. Minuman beralkohol
 
Hindari minuman beralkohol saat menstruasi

    Seperti yang telah anda ketahui, bahwa minuman yang mengandung alkohol ini tidak baik untuk kesehatan tubuh. Terlebih lagi mengonsumsinya saat menstruasi bahkan dengan berlebihan. Maka akan menyebabkan system reproduksi menjadi tidak normal bahkan bisa menyebabkan kerusakan yang begitu parah. Bahkan, minuman yang mengandung banyak beralkohol ini atau sering disebut dengan minuman keras tersebut dapat menyebabkan rusaknya keseimbangan tubuh dan parahnya menyebabkan kematian. Biasanya hal-hal tersebut ditandai dengan terjadinya mual dan muntah, darah menstruasi menjadi tidak lancar, merasakan nyeri yang berulang-ulang hingga nyeri yang begitu hebat, banyaknya keluar keringat sehingga menyebabkan dehidrasi, mempercepat menopause, dan juga dapat memyebabkan kelumpuhan pada otak. Mengerikan sekali bukan? Dampak yang ditimbulkan dari minuman yang mengandung alkohol. Makanya jangan coba-coba ya untuk mengonsumsi minuman yang satu ini. Selain mendapatkan permasalahan seperti di atas, juga dapat menyebabkan ketagihan yang begitu hebat akan minuman tersebut. Maka hindarilah minuman yang mengandung alkohol, masih banyak minuman yang memiliki rasa lebih enak daripada minuman alkohol dan juga tentunya tidak berdampak pada kesehatan tubuh.

3. Makanan dan minuman bersoda
 
Hindari minuman bersoda saat menstruasi

    Makanan atau minuman yang bersoda ini sangatlah nikmat, rasanya yang dapat menyegarkan sekaligus merasakan desiran sodanya itu di mulut dengan perlahan. Apalagi kalau dikonsumsi ditengah cuaca yang panas bersama dengan es yang begitu menggiurkan, siapa sih yang tidak suka dengan minuman yang satu ini. Pasti anda juga menyukainya bukan? Nah, untuk itu berhati-hatilah ketika mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung soda ini. Karena  jika dikonsumsi berlebihan saat menstruasi akan mempengaruhi tingkat emosional anda sehingga sulit untuk dikendalikan. Selain itu, jika mengonsumsinya terlalu banyak akan menyebabkan perut terasa kembung dan tidak enak. Untuk itu, saat menstruasi boleh-boleh saja mengonsumsi makanan atau minuman bersoda, asalkan jangan berlebihan.

4. Mie instan

Hindari makan mie instan saat menstruasi

    Siapa sih yang tidak mengenal dengan jenis makanan yang satu. Mie instan namanya, merupakan makanan yang cukup digemari oleh kebanyakan orang. Selain memiliki rasa yang nikmat, juga penyajiannya tidak membutuhkan waktu yang lama. Sehingga hemat waktu dan juga tentunya ramah dikantong. Tahukah anda, dibalik semua itu mie instan ini adalah makanan yang mengerikan bagi kesehatan tubuh anda. Selain tidak mudah larut dan hancur di dalam perut hingga membutuhkan waktu selama berhari-hari untuk mencerna makanan ini, juga mengandung berbagai macam pengawet yang tentunya jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan dalam kurun waktu yang singkat. Bukan tidak mungkin dapat menyebabkan berbagai penyakit yang sangat mengganggu kesehatan tubuh. Terlebih lagi saat menstruasi, karena mie instan ini salah satunya mengandung kadar garam dan MSG yang tinggi, sehingga berpengaruh terhadap wanita yang mengalami menstruasi. Karena dapat menyebabkan keseimbangan tubuh terganggu. Biasanya ditandai dengan merasakan nyeri pada bagian perut bawah, mual, sakit kepala, perut kembung, hingga berakibat pada gangguan lambung. Untuk itu hindarilah mengonsumsi mie instan secara berlebihan dan tetap berhati-hatilah ketika mengonsumsi makanan yang satu ini.

5. Terlalu banyak mengonsumsi garam

Hindari makan yang terlalu banyak garam saat menstruasi

    Garam merupakan hal yang wajib dalam memasak, karena dapat menambah cita rasa suatu makanan. Tanpa garam maka masakan akan terasa hambar dan tidak enak, tetapi jika kebanyakan garam juga tidak enakkan. Nah, begitu pula dengan tubuh kita bila mengonsumsi garam terlalu banyak atau secara berlebihan makanan keadaan tubuhpun akan terganggu. Terlebih lagi saat mengalami menstruasi, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi garam dalam jumlah yang banyak. Karena dapat berakibat dengan terjadinya perut terasa kembung hingga nyeri di bagian perut bawah, sehingga menyebabkan rasa yang tidak nyaman. Selain itu, biasanya juga dapat mengakibatkan sakit kepala, tubuh teras lemas, dan sering merasakan haus. Untuk itu konsumsilah garam secukupnya sesuai dengan kebutuhan tubuh, yaitu dengan mengkonsumsi garam kurang lebih 2300 mg atau satu sendok teh per hari.

6. Makanan siap saji

Hindari makanan yang siap saji saat menstruasi

      Makanan siap saji ini memang dapat mempermudah anda, karena tidak perlu memasak cukup langsung memakannya saja. Tahukah kalian, ternyata dalam memasak makanan siap saji ini banyak diantaranya menggunakan cara memasak yang tidak higienis dan menggunakan bumbu dan juga minyak yang disinyalir sebagai minyak trans. Selain itu, makanan siap saji ini dimasak terlalu matang sehingga dapat mengurangi manfaat dari makanan tersebut dan juga menyebabkan nutrisi yang dalam makanan tersebut menguap dan menghilang. Apabila makanan tersebut dikonsumsi saat menstruasi maka akan mengakibatkan rasa nyeri di bagian perut bawah dan pinggang, tubuh terasa lemas, dan mudah merasakan lapar. Untuk itu, kurangilah mengonsumsi makanan siap saji. Lebih baik memasak sendiri, tentunya lebih aman untuk kesehatan tubuh.

7. Minuman dingin (es)
 
Hindari minuman es atau dingin saat menstruasi


    Minuman dingin atau es ini memang saat nikmat, apalagi kalau ditambah dengan campuran-campuran yang dapat membuat lidah meleleh. Terlebih lagi jika ditengah terik matahari, siapa sih yang dapat menghindari minuman dingin atau es seperti ini. Tahukah anda, ternyata meminum minuman yang dingin ini tidak dianjurkan pada wanita yang sedang mengalami menstruasi. Karena dapat memberikan efek rasa penuh atau kembung pada bagian perut hingga dapat merasakan nyeri dan kram yang tentunya sangat menyebalkan. Selain itu, meminum minuman dingin atau es saat menstruasi juga bisa menyebabkan terjadinya peradangan. Untuk itu, agar siklus menstruasi yang dialami berjalan dengan normal dan tentunya aman, maka alangkah baiknya bila anda menghindari minuman yang satu ini untuk dikonsumsi.

8. Makanan tinggi gula
 
Hindari makanan yang terlalu manis saat menstruasi

    Siapa sih yang tidak menyukai makanan yang memiliki rasa manis, apakah itu orang tua, remaja, bahkan juga anak-anak adalah penggemar setia makanan yang satu ini. Bukan tidak mungkin, setiap hari pastinya mengonsumsi makanan yang manis ini. Tetapi berhati-hatilah ketikaa mengonsumsi makanan manis, karena jika mengonsumsinya secara berlebihan atau melebihi yang dibutuhkan oleh tubuh akan berrdampak terhadap kesehatan tubuh itu sendiri. Apalagi jika mengonsumsinya saat mengalami menstruasi dengan jumlah yang berlebihan. Maka akan berdampak dengan meningkatnya jumlah kalori dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan kadar gula dalam tubuh meningkat dan tentunya dapat menggangu hormone estrogen dalam menyeimbangkan metabolisme tubuh. Selain itu, juga dapat menyebabkan nyeri pada bagian perut bawah yang tentunya sangat mengganggu. Untuk itu, hendaklah mengonsumsi makanan yang manis ini sesuai kebutuhan tubuh anda. Dan janganlah mengonsumsi makanan yang manis terlalu banyak atau berlebihan karena dapat menyebabkan permasalahan pada tubuh anda.

9. Makanan junk food
 
Hindari makan junk food saat menstruasi


    Saat mendengar kata junk food yang terlintas di dalam pikiran kita adalah makanan yang seperti ayam goreng tepung dan sejenis burger, bukan? Tetapi bukan hanya itu saja, masih banyak farina dari makanan junk food tersebut. seperti makanan-makanan yang diproduksi oleh pabrik atau restoran buatan luar negeri. Junk food ini kerap dikenal sebagai makanan yang tidak sehat atau sering disebut dengan makanan sampah. Hal ini dikarenakan makanan junk food tersebut banyak mengandung garam, gula, lemak, kalori yang tinggi, mengandung zat adiktif, dan tentunya memiliki kadar nutrisi, vitamin, mineral, dan serat yang begitu rendah. Hal itulah yang menyebabkan makanan junk food ini diklaim sebagai makanan tidak sehat atau sampah. Terlebih lagi jika mengonsumsinya di saat mengalami menstruasi maka akan mengakibatkan rasa nyeri di bagian perut bawah dan pinggang, tubuh terasa lemas, dan mudah merasakan lapar. Untuk itu, hindarilah mengonsumsi makanan junk food seperti yang telah disebutkan tadi. Sebaiknya berusahalah untuk mengganti kebiasaan pola makan dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat, vitamin, mineral yang tinggi, dan tentunya makanan tersebut bagus untuk kesehatan tubuh kita.

10. Makanan kaleng
 
Hindari makanan yang berkaleng saat menstruasi

      Makanan kaleng sekarang ini banyak beredar di pasaran, sehingga memudahkan kita untuk membelinya. Selain itu juga dapat mempermudah kita dalam memasak, karena tidak perlu repot-repot membuat bumbu-bumbu dalam masakan tinggal memakan makanan kaleng tersebut saja. Akan tetapi, bagi wanita yang sedang mengalami menstruasi sebaiknya hindarilah untuk mengonsumsi makanan yang satu ini selama masa menstruasi. Hal ini dikarenakan makanan kaleng atau olahan ini selalu mengandung sodium yang tinggi dan juga mengandung natrium tinggi yang dapat menyebabkan retensi air dan membuat tubuh menjadi bengkak. Selain itu juga dapat menghamabt kelancaran aliran darah sehingga menyebabkan darah tertahan sesaat. Aliran darah yang tidak lancar sangat tidak baik untuk wanita yang sedang mengalami menstruasi, karena saat menstruasi membutuhkan kelancaran dalam proses pembuangan sel telur tersebut. Biasanya hal tersebbut terjadi dengan ditandai tubuh terasa lemas, adanya nyeri di bagian perut bawah, hingga merasakan pusing atau sakit kepala.

11. Makanan pedas
 
Hindari makanan yang pedas saat menstruasi

    Makanan yang pedas memang mempunyai tantang tersendiri bagi penikmatnya. Terlebih lagi jika penikmatnya itu penyuka makanan yang pedas, mereka rela memakan makanan yang begitu pedas untuk mendapatkan kenikmatan yang berrbeda. Meskipun anda penyuka pedas, tetaplah harus waspada saat mengonsumsinya. Hal ini dikarenakan makanan yang terlalu pedas akan membuat perut anda menjadi sakit dan membuat pencernaan anda terganggu sehingga dapat merasakkan hal yang tidak nyaman tentunya. Terlebih lagi jika mengonsumsinya di saat mengalami menstruasi, karena dapat memicu terjadiya nyeri pada bagian bawah perut, sering buang air besar dan juga buang angin atau kentut. Selain itu, makanan pedas yang dikenal bersifat panas ini mampuu memebuat perut menjadi terasa panas dan tentunya mudah merasa haus. Utnuk itu, kurangilah mengonsumsi makanan yang pedas terlebih lagi saat mengalami menstruasi.

12. Makanan yang digoreng
 
Hindari makanan yang digoreng saat menstruasi

     Siapa sih yang tidak menyukai makanan yang diolah dengan cara digoreng ini. Selain memilki rasa yang nikmat juga dapat dijadikan cemilan atau teman segala aktivitas. Akan tetapi, bagi wanita yang sedang mengalami masa menstruasi sebaiknya hindarilah makanan yang berminyak ini. Apalagi jika makanannya tersebut digoreng di dalam minyak yang telah digunakan berkali-kali bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh. Karena di dalam minyak yang sudah digunakan berkali-kali mengandung kadar lemak jenuh dan trans yang sangat tinggi. sehingga dapat menyebabkan terjadinya peningkatan kadar hormone estrogen serta menyebabkan keadaan rahim menjadi tidak normal dan perutpun terasa mual disertai dengan nyeri pada bagian perut bawah yang berkepanjangan. Jika anda masih ingin mengonsumsi makanan yang digoreng ini, gunakanlah minyak goreng yang baru dan setelah makanan tersebut matang sediakan tisu untuk mengurangi minyak yang ada pada makanan tersebut.

13. Roti putih
 
Hindari makan roti putih saat menstruasi

      Roti putih ini memang dikenal mempunayi kandungan kadar gula, kalori, lemak jenuh, sodium, dan juga natrium yang sangat tinggi. tidak heran bila banyak yang menyukai makanan roti seperti ini. Tetapi bbagi wanita yang sedang mengalami masa menstruasi sebaiknya kurangilah utnuk mengonsumsi berbagai jenis roti. Hal ini karena dapat menghambat pembentukan sel darah merah pada wanita yang sedang mengalami masa menstruasi sehingga dapat menimbulkan nyeri di bagian perut bawah dan disertai denagn mual-mual. Untuk itu, kurangilah mengonsumsi makanan yang satu ini dengan diganti oleh makanan lainnya seprti rebusan kentang atau ubi.

Nah, itulah makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi selama masa menstruasi. Saat mentruasi wanita akan mengalami gejolak hormonal yang tentunya dapat mempengaruhi system tubuh secara keseluruhan. Untuk itu, konsumsilah makanan yang sehat dan segar, serta jaga pola makan dan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh saat mengalami menstruasi. Jangan sampai saat menstruasi anda mengalami hal-hal tersebut yang membuat segaal aktivitas terganggu dan tentunya rasa nyaman itu sangat penting untuk kesehatan tubuh kita.

Apabila masih ada yang belum dimengerti silahkan saja sobat tanyakan melalui kotak komentar yang tersedia di bawah ini, saya akan berusaha untuk merespon dengan cepat dan tepat. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan berguna bagi kalian semua. Terima kasih telah berkunjung di halaman ini, etss….jangan lupa ya untuk di like, follow, dan komentarnya….ditunggu. Salam sehat….

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANFAAT DAN KHASIAT BUAH JAMBLANG.

20 MANFAAT BROKOLI SI SUPER FOOD UNTUK KESEHATAN🏵🏵🏵

CARA MENGATASI PENYAKIT MAAG❤❤❤